Senin, 06 Agustus 2012

Wow! Robot Curiosity Buatan NASA Berhasil Mendarat di Mars

BOLA DUNIA TERPERCAYA DAN NOMER SATU
KLIK DISINI !!!


Detikseks--California, Wow! NASA berhasil mendaratkan mesin robot penjelajah Curiosity ke Planet Mars. Ini menandai upaya paling ambisius dalam sejarah untuk menjangkau planet merah tersebut.

"Pendaratan terkonfirmasi," ujar seorang anggota pengendali misi di Jet Propulsion Laboratory milik NASA yang langsung disambut sorak kegembiraan orang-orang di ruangan tersebut.

"Kita sedang menurunkan roda-roda di Maret sekarang. Oh, Tuhanku!" seru anggota misi tersebut seperti dilansir AFP, Senin (6/8/2012).

Presiden AS Barack Obama menyebut pendaratan yang mulus ini sebagai sumber kebanggaan Amerika yang luar biasa.

"Pendaratan Curiosity yang berhasil -- laboratorium penjelajah paling canggih yang pernah mendarat di planet lain -- menandai fitur teknologi yang tak terduga yang akan menjadi titik kebanggaan nasional hingga jauh ke masa depan," ujar Obama dalam statemennya.

Administrator NASA, Charles Bolden, menyampaikan pernyataan senada dan memuji semua negara yang telah berkontribusi untuk misi robot Curiosity senilai US$ 2,5 miliar atau setara dengan Rp 23,6 triliun ini.

"Ini hari yang besar bagi negara ini, ini hari yag besar bagi semua mitra kita yang menyumbang untuk Curiosity dan ini hari besar bagi rakyat Amerika," tegas Bolden.

Penasihat sains Obama, John Holdren menyebut pendaratan ini sebagai langkah maju sangat besar dalam eksplorasi planet. "Tak ada yang pernah melakukan hal seperti ini. Kita sesungguhnya satu-satunya negara yang telah mendaratkan pendarat permukaan di planet lain," ujarnya kepada televisi NASA.

Di Mars, Curiosity akan meneliti tanah dan bebatuan yang ada untuk memeriksa kemungkinan tanda-tanda kehidupan di planet tersebut. Mesin robotik ini juga akan meneliti lingkungan planet Mars dalam rangka mempersiapkan misi manusia ke Mars di masa depan.

Diketahui bahwa Curiosity yang dijuluki 'mesin impian' oleh para ilmuwan NASA ini, dilengkapi sejumlah peralatan mutakhir, seperti kamera super canggih, lengan robotik yang dilengkapi bor, laboratorium kimia kecil dan laser penembus batu.

Perjalanan ke Mars membutuhkan waktu hampir 9 bulan lamanya. Titik pendaratan telah ditetapkan di Kawah Gale yang dinilai sebagai lokasi tepat karena merupakan wilayah pegunungan dan dipercaya memiliki dataran rendah yang terdiri atas endapan dan lumpur yang mengandung air, dan bisa jadi ada tanda kehidupan.