Jumat, 25 Mei 2012

Jagal Singa Basque, Barca Sabet Piala Raja

BOLA DUNIA TERPERCAYA DAN NOMER SATU
KLIK DISINI !!!


MADRID – Gagal di La Liga dan Liga Champions, membuat Barcelona ogah puasa gelar. Copa del Rey pun ditabalkannya usai menghajar tim asal Basque – Athletic Bilbao di partai puncak dengan skor mutlak 3-0, Sabtu dini hari (26/5/2012).

Jalannya paruh pertama, Barca sudah menampilkan tempo cepat sejak menit pertama. Bahkan, Barca mampu memecah kebuntuan berkat gol cepat Pedro Rodríguez di menit ketiga. Xavi Hernández memprakarsai kemelut yang berawal dari sepak pojoknya. Situasi itu dimanfaatkan Pedro untuk memecah kebuntuan. Barca pun unggul 1-0 atas Bilbao

Mega bintang Barca, Lionel Messi yang acap menjadi ancaman laten tim lawan, menggandakan keunggulan Barca di menit ke-19. Akselerasinya yang tak terbendung barisan bek Bilbao, mengubah papan skor di Estadio Vicente Calderón menjadi 2-0.

Serangan dalam tempo cepat, tak serta-merta terhenti begitu saja dengan keunggulan 2-0. Los Leones kembali harus merasakan gawangnya tergetar di menit ke-25. Lagi-lagi Pedro yang menjadi aktornya. Setelah disediakan umpan pendek dari Xavi, Pedro meluncurkan bola mendatar yang tak mampu dijangkau Iraizoz. Bilbao kian tertinggal, 0-3 dari Barca.

Dua menit berselang dari gol ketiga Blaugrana, Bilbao baru bisa mengancam lini belakang raksasa Katalan. Di menit ke-27, Markel Susaeta melayangkan sepakan keras meski tak mendapat ruang tembak yang luas.

Sayang, bola hasil tendangannya masih mampu dihalau José Pinto. Pinto yang tampil menggantikan Víctor Valdés, kembali melakukan penyelamatan gemilang di menit ke-45 kala menghadang peluang Iker Muniain. Hingga árbitro (wasit) David Fernandez Borbalan meniup peluit tanda turun minum, Bilbao belum mampu memperkecil kedudukan.

Bilbao yang mencoba bangkit di interval kedua, memasukkan dua pemain pengganti. Entrenador Marcelo Bielsa ingin anak-anak asuhnya lebih berani menyerang. Tak lama setelah babak kedua dimulai, Bilbao yang merebut inisiatif serangan, mendulang peluang perdana di menit ke-51.

Nahas, peluang emas Ibai Gómez harus terbuang percuma. Menadah umpan terukur dari Ander Herrera yang baru masuk menggantikan Óscar De Marcos , Gómez yang tinggal berhadapan dengan Pinto, gagal mengarahkan bola lob-nya ke target yang tepat.

Laga yang lantas berjalan alot, sempat dientaskan teror Messi ke gawang portero Bilbao, Iraizoz di menit ke-71. Tusukan Messi yang menjamah kotak penalti Bilbao, hampir kembali berbuah gol. Tetapi, Iraizoz tak menyerah begitu saja. Hadangan dengan kakinya, masih mampu menjangkau sontekan peraih El Pichichi tersebut.

Singa Basque belum pasrah soal hasil. Memasuki menit ke-75, sebuah crossing Gómez nyaris berbuah gol andai konversi yang dilakukan Jon Aurtenetxe dengan tandukannya, tak melebar tipis di kanan tiang gawang Pinto.

15 menit ke depan setelah peluang terakhir Bilbao, papan skor bergeming dan tetap menyuguhkan angka mutlak, 3-0 bagi kemenangan Barcelona saat paruh kedua berakhir. Alhasil, trofi paripurna tanah Iberia musim ini, jatuh ke tangan raksasa Katalan, Barcelona

Dengan diraihnya Piala Raja, Azulgrana setidaknya mendapuk pengobat luka usai gagal mempertahankan titel La Liga dan Champions League. Kemenangan ini juga sebagai perpisahan yang ideal bagi kepergian Entrenador Josep ‘Pep’ Guardiola, yang memutuskan tak lagi menukangi Barca, musim depan.

Susunan Pemain:
Athletic Bilbao: Gorka Iraizoz, Andoni Iraola, Fernando Amorebieta, Jon Aurtenetxe, Borja Ekiza, Javi Martínez, Markel Susaeta/Iñigo Pérez (46’), Fernando Llorente/Gaizka Toquero (73’), Iker Muniain, Óscar De Marcos/Ander Herrera (46’), Ibai Gómez

Barcelona: José Pinto, Adriano Correia, Gerard Piqué, Martín Montoya, Javier Mascherano, Andrés Iniesta, Xavi Hernández/Francesc Fàbregas (81’), Sergio Busquets, Lionel Messi, Alexis Sánchez/Seydou Keita (71’), Pedro Rodríguez/Thiago Alcântara (87’).
(raw)