Jumat, 11 Mei 2012

Sejumlah Pilar Arema Absen Lawan PSM

BOLA DUNIA TERPERCAYA DAN NOMER SATU
KLIK DISINI !!!


STRIKE BOLA -- MAKASSAR - Arema FC mendapat kendala yang tak enteng kala menantang PSM Makassar di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Sabtu (12/5) sore nanti. Selain persoalan kondisi fisik yang kurang sempurna dengan padatnya jadwal, sejumlah pemain pilar juga dipastikan absen.

Setelah Marko Krasic dan Gunawan Dwi Cahyo harus istirahat total karena cedera, pemain yang harus absen adalah kapten Legimin Raharjo dan Roman Chmelo yang terkena akumulasi kartu kuning. Tereduksinya kekuatan itu membuat tren positif Arema FC diragukan bisa berlanjut.

Sebab keberadaan Legimin dan Roman Chmelo sangat krusial di posisi gelandang dan full back kanan. Terutama lapangan tengah, tanpa Marko Krasic dan Roman Chmelo berarti Arema tidak mempunyai pemain yang berpengalaman di posisi ini. Mungkin Pelatih Arema Dejan Antonic bisa menurunkan Anggo Julian dan Herman Romansyah.

Pada pertandingan AFC Cup kontra Navibank Saigon yang dimenangkan 6-2, Arema masih bisa menjaga keseimbangan walau tanpa Krasic dan Gunawan. Dejan sendiri mengakui timnya tak begitu beruntung kali ini karena datang ke markas tim tangguh dengan kondisi yang tidak lengkap.

Walau begitu ia masih percaya timnya masih bisa menunjukkan permainan terbaik di tengah krisis. “Kami sering menghadapi situasi sulit dan terbukti bisa melewatinya dengan baik. Ini pertandingan yang tidak ringan, tapi kami harus bisa menjalaninya dengan kepercayaan diri,” ungkap Dejan sehari jelang laga.

Lini tengah diakuinya menjadi posisi yang harus ditangani sebaik-baiknya karena Roman Chmelo dan Marko Krasic absen secara bersamaan. Sejak menduetkan Krasic dan Chmelo di lapangan tengah, belum pernah Dejan menemui keduanya absen secara bersamaan.

Praktis, sepanjang 90 menit nanti menjadi tugas sangat berat bagi Anggo Julian maupun Herman Romansyah. Keduanya harus berjibaku ikut penyerangan sekaligus menghardik tekanan tuan rumah yang diprediksi tampil agresif. Keuntungan Arema FC adalah tak adanya penyerang yang mengalami gangguan.

Kuartet lini depan masih cukup lengkap dan membahayakan, yakni Ahmad Amiruddin, TA Musafri, Putut Waringin Jati, serta Andrew Barisic. Melihat keberhasilan memakai pola 4-2-3-1 di ajang AFC Cup, tampaknya formasi yang sama juga akan diturunkan saat menghadapi PSM.

“Saya bisa memakai 4-4-2 atau 4-2-3-1, tergantung bagaimana kebutuhan di lapangan nanti. Mungkin tak banyak berbeda dengan pertandingan sebelumnya. Yang pasti strategi selama ini cukup berhasil dimainkan pemain, termasuk saat lolos dari fase grup Afc Cup,” tukas Dejan.

Sedangkan untuk menutup posisi Legimin Raharjo, Dejan bisa memaksimalkan Chaerul Rifan yang berposisi asli sebagai stopper. Rifan yang mantan pemain Persija Jakarta selama ini belum pernah merangsek ke tim utama dan kemungkinan ia bakal menjalani debutnya di Makassar sore nanti.

Soal kekuatan PSM, Dejan memastikan timnya sulit untuk mengulang kemenangan 4-0 di Stadion Gajayana pada pertemuan putaran pertama lalu. Ia yakin PSM bakal melakukan tekanan hebat untuk membalas kekalahan tersebut. Menurutnya PSM merupakan salah satu tim yang berpengalaman di IPL dan bukan lawan biasa.

“Semua tahu bagaimana sisi historis PSM. Mereka tim berpangalaman yang mempunyai pendukung fanatik. Saya memperkiraklan mereka akan memberikan tekanan, tapi kami tidak boleh membiarkan mereka terus menekan. Saya rasa nanti bisa menjadi menjadi pertandingan yang bagus dan berkualitas,” tandasnya.