Rabu, 09 Mei 2012

Cari Toilet di Ukraina? Lihat Internet!

BOLA DUNIA TERPERCAYA DAN NOMER SATU
KLIK DISINI !!!


STRIKE BLOA -- KIEV - Selama ini masalah WC umum termasuk paling sering dikomplain oleh para turis yang datang ke Ukraina. Saat even Euro 2012 nanti, masalah tersebut tentu tidak bisa disepelekan.

Ketika pesta sepakbola di Benua Biru itu digelar di kota-kota penyelenggara, masalah sanitasi akan menjadi problem serius. Bukan hanya akan memalukan, tapi udara kota akan dicemari bau pesing. Berbagai ‘kejutan’ pun bisa ditemukan di tempat-tempat tersembunyi, seperti belakang gedung atau tangga jalan.

Bayangan “horor” itu membuat sejumlah orang yang peduli mencoba proaktif untuk mengatasinya. Sementara panitia Euro 2012 mulai memesan wc mobile untuk ditempatkan di sejumlah sudut kota, mereka membuat sebuah situs yang bisa sangat berguna sebagai petunjuk lokasi toilet. Setidaknya, dengan situs tersebut pengunjung di Ukraina tahu kemana mereka harus pergi jika, didesak ‘panggilan alam’.

Di situs yang beralamat http://wc-kiev.org, orang akan mendapat informasi di mana mereka bisa menemukan toilet gratis terdekat di sekitar mereka.

Situs itu memungkinkan orang untuk mengakses peta interaktif dengan saling berbagi informasi mengenai letak toilet. Untuk menambahkan informasi, pengunjung situs itu tinggal menggeser ikon untuk menunjukkan letak toilet dan memberikan deskripsi singkat.

Dikutip dari Itsukraina, proyek cerdas ini dikerjakan oleh organisasi non-profit “Ekolo Okolo”. Dalam penjelasannya, aktivis di organisasi itu mengatakan bahwa siapapun yang peduli dengan lingkungan, pertama-tama harus peduli dengan apa yang terjadi di sekitar mereka.

Sayangnya untuk sementara ini form peta interaktif toilet yang dirancang Ekolo Okolo belum cukup praktis untuk digunakan, hingga tim masih merasa perlu untuk merilis versi mobile-nya.

Menurut pengelola situs saat ini sejumlah pengguna tidak memberikan letak toilet namun tempat parkir dan gang, hingga moderator menghapus point-point seperti itu.

Selain itu, yang menjadi perhatian lain adalah adanya pengguna yang memasukan café dan restoran ke dalam peta. Sebab itu, para aktivis Ekolo Okolo berencana untuk turun ke lapangan guna memastikan bahwa tempat-tempat itu memiliki toilet yang bisa digunakan oleh publik.

Peta interaktif ini merupakan proyek pertama organisasi tersebut, dan anggotanya siap untuk mengimplementasikan ide lain. Tapi, sebelum melangkah jauh, pengelola situs rasanya perlu melengkapi website ini dengan bahasa Inggri. Sebab, saat ini situs tersebut baru berbahasa Ukraina.

sumber okezone